ASPERS KASAL PIMPIN UPACARA HARKESAL 2022

Harkesal ke 77 yang tepatnya jatuh pada tanggal 9 Oktober 2022 kali ini mengangkat tema “Kesehatan TNI AL yang Professional, Solid & Suportif Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Puncak peringatan ditandai dengan pelaksanaan Upacara Militer yang dilaksanakan di Lapangan Apel RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Senin, 10/10/2022.

Selaku Inspektur Upacara adalah Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr.Han. Pasukan upacara adalah Jalasena Husada anggota Faskes wilayah Surabaya. Dalam amanatnya disampaikan, “Peringatan Harkesal kali ini, diperingati dalam situasi & kondisi yang lebih baik dari tahun kemarin, dengan menurunnya jumlah kasus Covid-19 yang sangat signifikan, namun demikian kita harus tetap waspada karena status pandemi di Indonesia secara resmi belum dinyatakan selesai oleh pemerintah”.

Selanjutnya ditambahkan, TNI AL melalui Diskesal & Satker lainnya telah bekerja & berupaya keras serta bergerak cepat untuk dapat menekan angka penularan Covid-19 di jajaran TNI AL dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten, serta melaksanakan imunisasi/vaksin boster Covid-19 bagi seluruh prajurit TNI AL beserta keluarganya, agar tercapai herd immunity sehingga pandemi Covid-19 terkendali sepenuhnya.

Terakhir, Aspers Kasal memerintahkan bahwa dalam bidang dukungan dan pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan beberapa hal sbb: mempersiapkan sarpras faskes TNI AL dalam penggelaran kekuatan TNI AL; memprioritaskan yankes personel TNI AL, purnawirawan & keluarganya; mempersiapkan, merencanakan & melaksanakan urikkes bagi prajurit, agar senantiasa sehat & siap melaksanakan tugas operasi serta ikut melaksanakan program pemerintah dalam penanganan stunting di seluruh wilayah kerja jajaran faskes TNI AL.

Rangkaian kegiatan Harkesal telah dimulai pada hari Jum’at tanggal 7 September 2022 berupa Olahraga Bersama dan Sarasehan Kesehatan bersama narasumber Laksma (Purn) Prof. Dr. dr. Sutarno, Sp.THT, Sp.KL, SH, MH, CMC, diikuti oleh seluruh Kafaskes TNI AL dan para Purnawirawan/Sesepuh Kesehatan TNI AL. Acara dipimpin oleh Kadiskes TNI AL. Seluruh acara dapat berjalan lancar.