BAKTI SOSIAL KESEHATAN: WUJUD KEPEDULIAN RSPAL dr. RAMELAN & JALASENASTRI DALAM MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT

Bakti Kesehatan kali ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT ke – 72 RSPAL dr. Ramelan dan HUT ke - 76 Jalasenastri. Lima kegiatan kesehatan yang dilakukan serempak meliputi Screening Pendengaran pada Bayi usia 0 – 4 bulan, Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada AUS (Anak Usia Sekolah), Penyuluhan Kanker Payudara, Vaksinasi Dosis 3/Booster 1 COVID-19 serta Pelayanan KB, Sabtu, (27/08/2022).

Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana   Pertama   TNI   dr.   Gigih   Imana   J.,   Sp.PD.,   FINASIM., M.M. mengatakan, “Pada umumnya pemeriksaan pendengaran dilakukan pada usia anak – anak yang telah memperlihatkan gangguan pendengaran serta bicara. Menyikapi kondisi tersebut, RSPAL dr. Ramelan memberikan wadah untuk masyarakat agar dapat melakukan screening pendengaran pada bayi mulai usia 0 bulan. Sehingga harapannya, gangguan pendengaran yang terjadi bisa ditangani sejak dini.”

Selain itu, disampaikan pula bahwa salah satu tujuan dari diadakannya   Bakti Sosial Kesehatan ini adalah untuk turut serta dalam mendukung program pemerintah, TNI, dan TNI AL, juga merupakan wujud empati dan kepedulian RSPAL dr. Ramelan guna meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat umum.

Sejatinya, bakti kesehatan screening pendengaran telah dilaksanakan sejak tanggal 24 dan 25 Agustus 2022 yang dilaksanakan di TOA Jala Puspa, sedangkan edukasi kesehatan gigi dan mulut pada AUS ( anak usia sekolah ) dimulai tanggal 26 Agustus 2022 di beberapa sekolah di Surabaya.

Sebanyak 110 tenaga Kesehatan anggota Jalasenastri terlibat dalam kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang diikuti oleh lebih dari 400 orang. Target jumlah layanan meliputi Screening Pendengaran pada 60 Bayi, Penyuluhan Onkologi (Kanker Payudara) sebanyak 80 orang, pelayanan KB yang terdiri dari MOW (Metode Operatif Wanita), Suntik, Implan, dan Pil untuk 100 orang, Vaksinasi dosis ketiga/booster 1 untuk 50 orang, serta penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk AUS sebanyak 200 siswa.

Sedikit mengulik kebelakang, berbagai event yang sebelumya dilakukan untuk mewarnai HUT ke-72 RSPAL dr. Ramelan antara lain Gowes Tour de Java dengan rute Jakarta – Surabaya sejauh 829 km yang diadakan mulai tanggal 01 – 06 Agustus 2022, Lomba MTQ serta pemberian tali asih kepada keluarga korban dari anggota TNI AL akibat COVID – 19 serta kepada keluarga korban tenggelamnya KRI Nanggala–402.