“GOWES TOUR DE JAVA”, KEPALA RSPAL dr. RAMELAN BERANGKATKAN KOMUNITAS BERSEPEDA RCC

Ketahanan mental dan fisik yang prima adalah kunci setiap personel agar dapat selalu melaksanakan tugas dinas dan menapaki hidupnya sehari-hari dengan baik. Inilah sesensi dilaksanakannya “Gowes Tour De Java” yang akan diikuti Ramelan Cycling Club (RCC) RSPAL dr. Ramelan selain untuk menandai rangkaian kegiatan HUT Ke-72 RSPAL dr. Ramelan dan HUT Ke-65 Rumkital dr. Mintohardjo. Hal ini diungkapkan Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Gigih Imanta J., Sp.PD., FINASIM., M.M., dalam acara pelapsan komunitas bersepeda Ramelan Cycling Club (RCC) yang didampingi Wakabin, Wakamed, Kapokli dan Ketua RCC RSPAL dr. Ramelan di Rumah Onthel RSPAL dr. Ramelan, Surabaya. Jum’at,(29/07/2022).

Dihadapan para pesepeda RCC beserta tim pendukungnya, Ka RSPAL dr. Ramelan menjelaskan bahwa disela-sela waktu bersepeda, tim mempunyai kewajiban untuk membentu menyalurkan bekal kesehatan baik berupa material maupun alat kesehatan di Faskes TNI AL yang disinggahi. Ka RSPAL dr. Ramelan berpesan, agar seluruh anggota tim melakukan pengecekan kesiapan mulai dari Tim Pesepeda hingga pendukungnya termasuk Tim Dukkes beserta Ambulansnya, Tim Teknis dan Tim Duklog.

34 orang masuk dalam tim, terdiri dari 19 pesepeda diantaranya 1 anggota Kowal dan 1 lansia serta 15 orang pendukung. Jarak tempuh 829 Km direncanakan akan terselesaikan dalam waktu 6 hari dimulai tanggal 1 s.d. 6 Agustus 2022. Beberapa etape yang dilalui yaitu Jakarta-Indramayu-Cirebon-Tegal-Semarang-Sragen-Kertosono-Surabaya. Di hari ke-3 dan ke-4 pesepeda berada di rute Tegal-Semarang dan ini merupakan etape terberat. Pesepeda harus mampu menaklukkan jalanan yang mengalir naikturun tanjakan.

Menyikapi kondisi tersebut, Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp.S., FINA menyampaikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan pesepeda sebelum menempuh jarak jauh ini. Pesepeda RCC telah menjalani pemusatan Latihan selama 3 (tiga) minggu yang sebelumnya hasil medical check up harus memenuhi syarat. Pendampingan dari para ahli gizi dan tim psikologi juga diberikan agar mampu peak performace selama kegiatan ini.