KAPUSKES TNI PIMPIN DELEGASI INDONESIA PADA 5TH THAINESIA MILITARY MEDICINE MEETING

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi HS,Sp.B, FInaCS., M.Si memimpin Delegasi Indonesia sekaligus membuka acara 5TH Thainesia Military Medicine Meeting Tahun 2019 antara TNI dan Royal Thai Armed Force (RTARF) di Rumkital dr. Ramelan Surabaya. Senin,(26/9/19).

Pertemuan ini merupakan kerjasama bilateral antara Puskes TNI dengan Military Medicine Coordination Center of RTARF HQ sejak tahun 2015, dengan maksud untuk menjaga persaudaraan serta terciptanya perdamaian antar Negara Asean khususnya antara Indonesia dan Thailand.  Pada pertemuan ke-5 Thainesia Militery Medicine kali ini dilaksanakan di Indonesia tepatnya di Surabaya dan Yogyakarta, setelah pertemuan sebelumnya tahun lalu dilaksanakan di Bangkok Thailand.

Kapuskes TNI dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan pertemuan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas, interoperabilitas serta kesiapsiagaan kedua Negara di kawasan Asia Tenggara dibidang kesehatan militer khususnya yang berhubungan dengan Humanitarian Assistance and Disaster Release (HADR) serta Joint Peacekeeping Operation (PKO).

“Kegiatan 5TH Thainesia Military Medicine Meeting kali ini lebih dititik beratkan pada kesehatan Keangkatanlautan dengan mengusung tema Achieved outcomes and Challenges Encountered. “ ditambahkan Kapuskes TNI

Delegasi Indonesia yang dipimpin Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi HS,Sp.B, FInaCS, sementara itu Delegasi Thailand dipimpin Kapuskes RTARF yang dipimpin General Prajak Bunjitpimol melakukan pertemuan bilateral membahas kerjasama kesehatan militer kedua Negara dalam suasana yang bersahabat.

Usai melaksanakan HoD Bilateral Meeting, diakhiri dengan acara penandatangaan hasil rapat pertemuan 5TH Thainesia Military Medicine, pertukaran cinderamata dan ramah tamah.

Dari pertemuan kedua belah pihak, didapatkan kesepakatan bersama dalam meningkatkan koordinasi bidang kesehatan, meningkatkan kerjasama dalam The International Committee on Military Medicine (ICMM) terkait partnership, interoperabilitas dan sharing pengetahuan kesehatan militer di Asean, Asia Pasifik dan Dunia. Selain itu kedua belah pihak bersepakat dalam mewujudkan latihan, training dan konfrensi pada saat Latma Cobra Gold pada tahun 2020 serta pelaksanaan 6TH Thainesia Military Medicine tahun depan dilaksanakan di Bangkok Thailand.

Turut dari dalam acara tersebut Kadiskesal Laksma TNI dr. I.D.G Nalendra D.I.,Sp.B,Sp.BTKV (K), Kakesdam V Brawijaya Kolonel Ckm dr. Moh. Arif Hariyanto,Sp.B, FInaCS, Kalakesla Kolonel Laut (K) dr. Sapta Prihartono Rachman,Sp.B,Sp.BA, Kapokli Rumkital dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Herjunianto,Sp.PD, M.MRS,  Kabidum Puskes TNI Kolonel Ckm dr. Iwan Trihapsoro, M.Derm, MAvMed, FINSDV, FAADV, Kaunitkermabaktikes Puskes TNI Kolonel Laut (K) dr. Tjahya Nurribi, M.Med Sc, FInaCS, Paban V Sops Mabes TNI Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo.