PASTIKAN KESIAPAN HYBRID SYSTEM PPDS MILITER, KEPALA RSPAL dr. RAMELAN TERIMA KUNJUNGAN TIM VISITASI FK UI

Kepala Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Gigih Imanta J., Sp.PD., FINASIM., M.M., didampingi pejabat utama RSPAL dr. Ramelan menerima kunjungan Tim Visitasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), bertempat di Ruang Rapat RSPAL dr. Ramelan, Surabaya. Jum’at,(8/7/2022).

Kunjungan Tim Visitasi FK UI ini dalam rangka melihat kesiapan RSPAL dr. Ramelan dalam menjalankan program kuliah Hybrid khusus dokter militer. Ini merupakan tindak lanjut dari rencana kerjasama TNI dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam rangka penyelenggaraan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Hybrid System yang gagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Kepala RSPAL dr. Ramelan, diawal sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Visitasi Lapangan FK UI di RSPAL dr. Ramelan, RSPAL dr. Ramelan sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di jajaran TNI Wilayah Indonesia Timur, juga merupakan rumah sakit pendidikan berdasarkan Surat Keputusan Menkes RI Nomor HK.01.07/Menkes/139/2020 tentang penetapan RSPAL dr. Ramelan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama untuk Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya.

“Diharapkan dengan kunjungan ini dapat digunakan sebagai media komunikasi dua arah mengenai rencana RSPAL dr. Ramelan dijadikan Hospital Based bagi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Hybrid System untuk dokter-dokter TNI serta pelatihan tenaga pengajar klinik setiap bagian atau kelompok staf Medis (KSM) di RSPAL dr. Ramelan,” Papar Laksma TNI dr. Gigih Imanta.

Sementara itu, Dekan FK UI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD,, K-GEH, M.MB dalam sambutannya menyampaikan bahwa visitasi ini menindaklanjuti arahan rektor Universitas Indonesia dan Kapuskes TNI untuk memastikan standar, kualitas pendidikan, fasilitas serta tenaga pengajar di rumah sakit TNI yang dijadikan wahana belajar harus sesuai dengan standar yang diterapkan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia agar nantinya para dokter militer lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Hybrid System memiliki kualitas yang baik dan profesional.

“Dengan terwujudnya PPDS Hybrid System ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan prajurit TNI dan masyarakat serta dapat mendukung pemerintah dalam pelayanan kesehatan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal,” Pungkas Dekan FK UI.

Diakhir acara dilanjutkan dengan sesi pemberian cindera mata, foto bersama dan dilanjutkan peninjauan saran dan prasarana yang dijadikan wahana pendidikan bagi peserta didik program PPDS Hybrid System di RSPAL dr. Ramelan.