RSPAL dr. RAMELAN GELAR PELATIHAN ACLS

Guna meningkatkan kemampuan para tenaga medis TNI, TNI AL beserta Keluarga TNI AL dalam penatalaksanaan kasus gangguan kedaruratan jantung, RSPAL dr. Ramelan mengadakan Pelatihan ACLS (Advanced Cardiac Life Support). Dibuka secara resmi oleh Wakamed RSPAL dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Benny Jovie, Sp.JP mewakili Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS, Subsp. Spine (K) terpusat di Ruang Diklat RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Jum’at, 24/06/2022.

Dalam sambutan tertulisnya Kadiskesal menyampaikan bahwa henti jantung, renjatan (shock) dan gagal jantung adalah penyulit yang menyebabkan angka kematian yang tinggi pada penderita sindrom koroner akut, khususnya infark miokard akut. Antisipasi dan tindakan yang cepat dan tepat dalam menit-menit pertama oleh tenaga-tenaga terlatih akan mengurangi kemungkinan terjadinya henti jantung, renjatan dan gagal jantung akut.

“Tujuan diselenggarakannya pelatihan ACLS ini adalah untuk meningkatkan kemampuan khususnya para dokter TNI Angkatan Laut yang bertugas di satuan tempur maupun bertugas di ruang perawatan intensif dan gawat darurat dalam menolong pasien dengan aritmia yang mengancam nyawa melalui kerjasama tim dalam melakukan resusitasi serta cara mengidentifikasi dan menangani pasien dengan acute coronary syndrome (ACS) dan stroke serta dalam penatalaksanaan kasus gangguan kedaruratan jantung”, sambung Wakamed.

Pelatihan ACLS dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tanggal 24-26 Juni 2022, diikuti 33 dokter yang terdiri dari 26 Dokter TNI Angkatan Laut dan 7 Dokter Non TNI AL dengan metode pembelajaran Blended Learning. Menghadirkan Instruktur dari TIM ACLS Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Cabang Surabaya dengan materi tentang penatalaksanaan gangguan dan penangganan kedaruratan jantung, Skill Station Bantuan Hidup Dasar, Penggunaan Alat AED (Automated External Defibrillator), Chocking serta Bimbingan Algoritma ACLS Megacode.

Turut hadir dalam acara tersebut, Course Director ACLS-Perki Cabang Surabaya Dr. dr. Budi Arief Waskito, Sp.JP., FIHA., Kakomed RSPAL dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP., MARS., Para Kadep RSPAL dr. Ramelan, Para Undangan Kafaskes TNI AL, Para Instruktur dan Panitia ACLS.