RSPAL dr. RAMELAN LAKSANAKAN AKREDITASI INTITUSI PENYELENGGARA PELATIHAN BIDANG KESEHATAN

Dalam rangka menjamin peningkatan mutu layanan yang berstandar Nasional, sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Tenaga Kesehatan yang berkompeten. RSPAL dr. Ramelan laksanakan kegiatan Visitasi Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan. Berlangsung selama dua hari yaitu telusur lapangan terkait sarana prasarana dan telusur dokumen bertempat di Ruang Diklat RSPAL dr. Ramelan, Surabaya. Rabu,(14/12/2022).

Tim Asessor dari Direktorat Mutu Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, yang terdiri dari tiga orang Ibu Roostiati Sutrisno Wanda, S.KM., M.KM., Ibu Dedeh Syaadah, S.KM., M.KM, dan Ibu Dewi Pusparani, S.KM., M.KM. Terdapat 3 komponen standar yang dinilai dari visitasi tersebut yaitu Komponen Administrasi dan Manajemen, Komponen Pelayanan Pelatihan dan Komponen Penunjang Pelatihan.

Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Gigih Imanta J., Sp.PD., FINASIM., M.M., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan visitasi akreditasi ini merupakan bentuk upaya mewujudkan salah satu misi RSPAL dr. Ramelan yaitu menyelenggarakan pendidikan, latihan dan penelitian yang bermutu.

“Sebagai rumah sakit yang telah terakreditasi paripurna, RSPAL dr. Ramelan juga telah ditetapkan Kemenkes sebagai Rumah Sakit pendidikan utama FK UHT dan sebagai Rumah Sakit Jejaring FK UWM serta sebagai hospital based bagi penyelenggaraan PPDS Hybrid dokter-dokter TNI serta sebagai wahana praktik klinik prodi kesehatan lainnya, diharapkan Departemen Bangdiklat RSPAL dr. Ramelan sebagai institusi penyelenggara pendidikan, pelatihan serta penelitian bisa terakreditasi agar dapat menciptakan SDM yang produktif, professional dan berintegritas,”. Ujar Kepala RSPAL dr. Ramelan.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Tim Assesor Ibu Roostiati Sutrisno Wanda, S.KM., M.KM., mengungkapkan bahwa peran institusi penyelenggara pelatihan bidang kesehatan sangat penting dalam meningkatkan kompetensi SDM Kesehatan.

“Dengan diterapkannya hasil akreditasi institusi yang sesuai dengan ketentuan, maka akan ada jaminan kepada masyarakat khususnya tenaga kesehatan bahwa institusi telah memiliki standar mutu yang telah ditetapkan oleh Kemenkes sehingga pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan dapat dijamin mutunya dan dapat dipertanggungjawabkan,” ditambahkannya.

Turut hadir dalam pelaksanaan Visitasi Akreditasi Institusi Penyelenggara Pelatihan Bidang Kesehatan, Kepala Departemen Bangdiklat Kolonel Laut (K) dr. Andi Abdullah, Sp.OT., M.M., Ketua Tim Penjamin Mutu Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp.S., FINA., serta para anggota pokja akreditasi.