RSPAL dr. RAMELAN SELENGGARAKAN PELATIHAN ACLS

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para tenaga medis Angkatan Laut yang bertugas di satuan tempur maupun yang  bertugas di ruang perawatan intensif dan instalasi gawat darurat dalam penatalaksanaan kedaruratan jantung. Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya berkerjasama dengan Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Diskesal) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovasculer Indonesia (PERKI) Surabaya, menyelenggarakan Pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Bagi Tenaga Medis TNI Angkatan Laut bertempat di Ruang Diklat RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Jum’at,(18/06/21).

Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL, Sp.KL mewakili Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS, secara resmi membuka Pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) yang berlangsung secara virtual.

Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Ka RSPAL dr. Ramelan mengatakan bahwa Sudden Cardiac Death atau kematian jantung mendadak adalah kematian mendadak yang tidak terjadi tanpa trauma sebelumnya. Yang terjadi dalam waktu singkat, biasanya kurang dari 1 jam timbulnya gejala dan menjadi penyebab terbanyak dari kejadian kematian mendadak (Sudden Death) kurang lebih 60%. Sebanyak 75% dari penyebab kematian adalah jantung coroner, untuk itulah Diskesal menilai pelatihan ACLS ini sangat penting untuk Tenaga Medis Angkatan Laut.

“Tindakan medis kegawat-daruratan membutuhkan kecepatan dan ketepatan cara bertindak, untuk mencegah terjadinya mordibitas kematian ataupun kecacatan. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya tenaga medis yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang optimal dibidang kegawat-daruratan termasuk kedaruratan jantung ”.  ditekankan Kadiskesal.

Pelatihan ACLS berlangsung secara intensif selama tiga hari, dengan peserta dokter-dokter dilingkungan fasilitas kesehatan jajaran TNI Angkatan Laut serta Perwira Siswa (Pasis) profesi Dokter Pusdikkes Kodiklatal. Pelatihan berlangsung dengan metode pembelajaran daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakabin RSPAL dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Tjatur Bagus Gunarto, Sp.JP, Koordinator ACLS PERKI Surabaya dr. Budi Arief Waskito, Sp.JP., FIHA, Danpusdikkes Kodiklatal Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp.Ort, Para Kadep RSPAL dr. Ramelan.