RSPAL Dr. RAMELAN SELENGGARAKAN WEBINAR GERAKAN DOKTER SEMESTA MELAWAN COVID-19

Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya menyelenggarakan Webinar dengan Tema Gerakan Dokter Semesta Melawan COVID-19 : Penatalaksanaan Terkini COVID-19 di RSPAL dr. Ramelan. Wakamed RSPAL dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Moh. Samsudin, Sp.M. membuka acara webinar yang disiarkan secara Live Streaming melalui Youtube Channel RSPAL dr. Ramelan. Sabtu,(17/7/2021).

Jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 di Indonesia terus bertambah, hal tersebut juga berdampak langsung dengan terjadinya lonjakan kasus  COVID-19 di RSPAL dr. Ramelan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, RSPAL dr. Ramelan dengan sigap melakukan peningkatan pelayanan dan penanganan COVID-19 berupa penambahan kapasitas tempat tidur ruang isolasi, baik ruang isolasi biasa maupun ruang ICU Isolasi. Dengan tidak kalah penting adalah penyiapan SDM sebagai pengawak layanan tersebut, baik tenaga dokter, perawat, bidan, analis kesehatan maupun tenaga kesehatan lainnya dan tenaga non kesehatan.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya webinar ini adalah memberikan pemahaman seluruh dokter baik dokter umum maupun dokter spesialis dalam penatalaksanaan terkini COVID-19 di RSPAL dr. Ramelan. Webinar ini juga sebagai salah satu upaya mendukung Program IDI dalam Gerakan Dokter Semesta Melawan COVID-19. Dalam webinar tersebut menghadirkan pembicara dari Tim Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging (Pinere) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 RSPAL dr. Ramelan.

Webinar yang berlangsung selama lebih dari 2 jam ini diikuti tidak kurang 700 partisipan dari Tenaga Medis RSPAL dr. Ramelan, Faskes TNI AL Wilayah Surabaya, dan Jejaring Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Seluruh Indonesia dan Partisipan Umum. Materi yang disampaikan diantarnya Tentang Protokol Assement Klinis pada Pasien COVID-19 oleh dr. Vinodini Merinda, Sp.P., Oksigenasi pada Pasien COVID-19 oleh Kolonel Laut (K) dr. Eko Budi P., Sp.An., KIC dan Tatalaksana Pasien COVID-19 Dengan Komordibitas di Bidang Ilmu Penyakit Dalam oleh dr. Robert D. Adiwinoto, Sp.PD.

“Diharapkan dari kegiatan ini mampu memberikan persamaan persepsi seluruh dokter dalam penatalaksanaan penanganan pasien COVID-19 di jajaran Faskes TNI Angkatan Laut pada umumnya dan khususnya di RSPAL dr. Ramelan serta mampu meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini.” Tutur Wakamed RSPAL dr. Ramelan.