RSPAL dr. RAMELAN SIAPKAN FASILITAS ISOLASI DARURAT ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19

Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan menyiapkan fasilitas isolasi darurat dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 di Wilayah Surabaya.

Sarana dan prasarana isolasi darurat yang telah disiapkan di RSPAL dr. Ramelan Surabaya ditinjau dan diperiksa langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono, S.E., M.M. Senin,(12/7/2021).

Wakasal didampingi Asops Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han)., M.Tr. Opsla, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han)., Danlantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr. (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP, Kadiskesal Laksma TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS., Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksma TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL., Sp.KL. dan para pejabat Staf RSPAL dr. Ramelan.

Sebelum meninjau fasilitas isolasi darurat Wakasal mendapat penjelasan dari Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksma TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL., Sp.KL, tentang kesiapan RSPAL dr. Ramelan menghadapi lonjakan kasus COVID-19 di Wilayah Surabaya. Bahwa RSPAL dr. Ramelan telah melakukan perluasan zona merah di area rumah sakit untuk penambahan kapasitas ruang perawatan isolasi pasien COVID-19 menjadi 321 tempat tidur.

“Gedung Penanganan Infeksi Terpadu (Pinter) yang semula didesain untuk pelayanan klinik infeksius, saat ini difungsikan sebagai ruang perawatan pasien covid-19. Dilengkapi dengan Ruang Triage, ICU isolasi dan perawatan isolasi biasa karena banyaknya pasien yang tidak mendapatkan ruang perawatan dikarenakan ruang perawatan yang ada sudah penuh.” Dipaparkan Kepala RSPAL dr. Ramelan.

Sedangkan pelayanan klinik infeksius dialihkan ke tenda darurat yang didirikan di area parkir Gedung Pinter. Sementara itu, tenaga medis yang disiapkan dalam melayani pasien COVID-19 sebanyak 400 lebih baik dokter, perawat dan nakes lain dari personel RSPAL dr. Ramelan maupun tenaga relawan.

Wakasal mengatakan dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19 ini, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memerintahkan seluruh personel TNI Angkatan Laut harus berperan aktif menanggulangi dan menekan angka penyebaran COVID-19 di Tanah Air yang semakin meningkat. RSPAL dr. Ramelan sebagai pusat rujukan kasus COVID-19 untuk Faskes TNI Angkatan Laut Wilayah Surabaya ataupun Jawa Timur terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana serta penambahan tenaga kesehatan dalam menanggani lonjakan kasus COVID-19.

“Saya melihat kesiapan rumah sakit lapangan yang didirikan sudah berjalan dengan baik dan rencana penggunaan gedung SEKESAL Surabaya untuk ruangan isolasi dengan kapasitas 200 tempat tidur agar segera disiapkan sebaik mungkin, terkait kebutuhan sarana dan prasarana serta SDM yang akan mengawakinya silahkan diajukan agar gedung perawatan isolasi tersebut bisa segera digunakan untuk menanggani pasien COVID-19.” tutur Wakasal.