RUMKITAL Dr. RAMELAN GELAR PELATIHAN ATLS

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Ramelan kembali melaksanakan pelatihan Advanced Trauma Life Support (ATLS). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Kelompok Ahli (Kapokli) Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Herjunianto, Sp.PD, M.MRS bertempat di Loungeroom Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Jum’at,(25/10/19).

Pelatihan Advanced Trauma Life Support (ATLS) yang terselenggara atas kerjasama Rumkital Dr. Ramelan dengan Komisi Trauma Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI). Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, 25-26 Oktober 2019, diikuti sebanyak 67 Dokter yang bertugas di Intaslasi Gawat Darurat dari berbagai rumah sakit. Maksud dan tujuan diselenggarakannya pelatihan ATLS ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para Dokter yang bertugas di Satuan Tempur atau Instalasi Gawat Darurat (IGD) dalam penatalaksanaan kasus-kasus trauma di lapangan serta peningkatan pelayanan kasus trauma untuk menurunkan angka kematian dan kecacatan secepat mungkin oleh para Dokter di rumah sakit maupun dilapangan.

Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kapokli mengatakan bahwa Konsep Advanced Trauma Life Support (ATLS) sangat cocok bagi para tenaga medis untuk dapat berfikir secara konseptional dan bertindak secara cepat dan tepat, dalam menghadapi kasus-kasus trauma yang banyak di jumpai di setiap rumah sakit.

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kursus ini dengan sebaik-baiknya, agar pengetahuan, baik teori maupun praktek yang diberikan oleh para instruktur dapat di mengerti dan mampu dipraktekkan dengan baik di tempat tugas anda masing-masing, sehingga timbul rasa percaya diri pada diri anda semua dalam menangani kasus-kasus trauma yang dihadapi.“ ditambahkan Karumkit.

Turut hadir pada acara tersebut Kadep Bangdiklat Rumkital Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) drg. Benny Dwi Cahyo,Sp.BM, Kadep Bedah Kolonel Laut (K) dr. R. Yudadi,Sp.B-KBD, Kadep Kutema Kolonel Laut (K) dr. Andi Abdullah MTS, Sp.OT, Kadep KIA Kolonel Laut (K) dr. Adi Suriyanto,Sp.OT, Para Instruktur dan para Panitia Penyelenggara.