RUMKITAL Dr. RAMELAN GELAR PELATIHAN PITC HIV/AIDS

Dalam upaya penanggulangan khususnya pencegahan penyakit HIV/AIDS, Rumkital dr. Ramelan menggelar Pelatihan Provider Initiated Test Counselling (PITC) Bagi Petugas Kesehatan. Pelatihan yang dibuka secara langsung oleh Wakamed Rumkital dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. F.O. Hari Prasetyadi,Sp.OG (K) bertempat Ruang Diklat Rumkital dr. Ramelan.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari, diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari 37 peserta Internal Rumkital dr. Ramelan, 2  peserta dari Rumkital dr. Oepomo Diskes Lantamal V Surabaya, dan 1 peserta dari Rumkitmar Ewa Pangalila Lanmar Surabaya.

 

Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakamed Kolonel Laut (K) dr. F.O. Hari Prasetyadi,Sp.OG (K) menyampaikan bahwa HIV/AIDS hingga saat ini masih merupakan masalah penting di bidang kesehatan masyarakat, karena jumlah kasus yang dilaporkan dari tahun ke taun masih terus meningkat.

Mencermati perkembangan tersebut, Rumkital dr. Ramelan dengan dukungan berbagai pihak telah melaksanakan upaya-upaya penanggulangan secara komprehensif mulai dari upaya pencegahan, penemuan kasus secara dini, peningkatan akses layanan perawatan, dukungan dan pengobatan, serta terus berupaya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi ODHA.

“Dengan Pelatihan PITC HIV bagi petugas kesehatan Rumkital dr. Ramelan ini diharapkan peserta mampu menyampaikan informasi berkaitan dengan HIV dan AIDS secara benar, dan yang paling penting bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap penularan HIV/AIDS mulai dari diri sendiri, lingkungan kerjannya dan masyarakat secara umum”. Ditambahkan Wakamed.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadep Bangdiklat Kolonel Laut (K) drg. Benny Dwi Cahyo,Sp.BM, Kasubdep Diklat Letkol Laut (K/W) Dianita Sri Wulandari,S.KM, M.Kes, Kasubdep Litbang Letkol Laut (K) M. Anang Solichudin,S.KM, M.M., Kasi Diklat Mayor Laut (K) Oktaviani Ida N.,S.Gz., Para Instruktur dan Tamu Undangan.