RUMKITAL Dr. RAMELAN MELAKSANAKAN UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Ramelan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2020. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Departemen Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Kadep Bangdiklat) Kolonel Laut (K) Kristanto,S.E., M.A.P., Komandan Upacara Mayor Laut (K) Riko Cipto Raharjo, Upacara tersebut diikuti Seluruh Prajurit, PNS dan PHL Rumkital dr. Ramelan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Rumkital dr. Ramelan Surabaya.

Upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI Angkatan Laut pada setiap tanggal 15 Januari tersebut untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Arafuru, 58 tahun silam. Dimana hal tersebut merupakan puncak dari perjuangan dan patriotisme pelaut-pelaut terbaik Bangsa dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso di atas RI Macan Tutul dalam melaksanakan tugas misi operasi Dwikora pembebasan Irian Barat. Namun pada peristiwa tersebut, Beliau beserta seluruh awak kapal gugur sebagai kusuma bangsa.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kadep Bangdiklat menyampaikan bahwa Nilai-nilai kejuangan Komodor Yos Sudarso dan pelaut-pelaut yang terlibat pertempuran Laut Arafuru wajib diwarisi oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.

Di Era revolusi Industri 4.0 saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi semakin kompleks. Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas. Dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut, Kata Kasal.

Kasal Laksmana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran TNI Angkatan Laut, Tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah, Pupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit matra laut dan tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi.