RUMKITAL Dr. RAMELAN SEBAGAI PELOPOR GO GREEN HOSPITAL DI JAWA TIMUR

Rumkital dr. Ramelan sebagai pelopor penerapan rumah sakit ramah lingkungan (Green Hospital) di Jawa Timur, hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Pencanangan Go Green Hospital yang ditandai dengan penekanan sirine, pelepasan burung merpati serta penanaman pohon di Taman Rumkital dr. Ramelan oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Kofifah Indar Parawansa, M.Si didampingi Karumkital dr. Ramelan Laksamana TNI dr. Ahmad Samsulhadi. Jum’at,(29/11/19)

Karumkital dr. Ramelan dalam sambutannya menyampaikan bahwa rumah sakit ramah lingkungan (Green Hospital) dalam perencanaan pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaannya akan senantiasa menerapkan prinsip keberlanjutan dan pendekatan ramah lingkungan. Keberadaan rumah sakit dalam satu ekosistem ditengah isu dampak perubahan iklim dan pemanasan global serta degradasi lingkungan, dipandang perlu bertanggung jawab atas keberlanjutan kualitas lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam.

“Dengan luas area yang mencapai 20 hektar, Rumkital dr. Ramelan berkomitmen untuk memberikan ruang terbuka hijau yang terbebas dari sturuktur bangunan. Dengan fasilitas ini diharapkan mampu memberikan efek penyembuhan pasien, mengurangi efek stres dan menciptakan taman dengan fungsi relaksasi bagi pasien dan karyawan” ditambahkan Karumkit.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur dalam sambutan awalnya mengucapkan terima kasih atas inisiasi Go Green Hospital, sesungguhnya konsep ramah lingkungan ini merupakan kebutuhan Bangsa. Komitmen Rumkital dr. Ramelan dalam menerapkan konsep Go Green Hospital tidak sekedar kebutuhan untuk menyangga paru-paru kota Surabaya tapi juga menjadi referensi rumah sakit – rumah sakit di Jawa Timur untuk menerapkan konsep yang sama sehingga pada tiap titik akan mampu menjadi paru-paru untuk wilayah sekitarnya. Diharapkan pencanangan konsep Go Green Hospital ini mampu menjadi contoh untuk diterapkan di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Apa yang sebetulnya bisa kita inisiasi melalui penerapan konsep Go Green Hospital, adanya taman yang ditanami bunga-bungan yang cantik, tanaman buah yang segar merupakan warna warni kehidupan dan itu bisa menjadi sugesti bagi kita bahwa ada kebesaran Allah yang diturunkan melalui tumbuh-tumbuhan pastilah ada kebesaran Allah yang diturunkan untuk memberikan kesembuhan, format ataupun konsep seperti ini akan menjadi bagian penguatan medical approach yang diberikan Rumah Sakit”. ditambahkan Gubernur Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur juga membagikan voucher kepada rumah sakit jejaring dari Rumkital dr. Ramelan di Wilayah Jawa Timur yang nantinya voucher tersebut dapat ditukarkan dengan 1000 bibit tanaman untuk mensukseskan pencanangan Go Green Hospital. Penanaman bibit tanaman tersebut juga melibatkan jajaran faskes TNI Polri di Wilayah Jawa Timur, Mahasiswa, Pelajar serta masyarakat di sekitar Rumkital dr. Ramelan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, Dankodiklatal Laksda TNI Deddy Yulianto, Danlantamal V Laksma TNI Tedjo Sukmono, Ketua Ranting E Cabang 7 Gabungan Mabesal Ny. Retno Samsulhadi beserta Pengurus, Jajaran Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Para Direktur Rumah Sakit Jejaring Provinsi Jawa Timur, Keluarga besar Rumkital dr. Ramelan dan para tamu undangan.