RUMKITAL Dr. RAMELAN SELENGGARAKAN WORKSHOP IMPLEMENTASI LEAN MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT

Era globalisasi dan keterbukaan informasi di masa kini telah menuntut rumah sakit untuk semakin giat dalam upaya memberikan pelayanan terbaik. Ada banyak sekali masalah yang harus diselesaikan rumah sakit dalam upaya memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.  Lean merupakan sebuah strategi managemen kerja dan sumber daya yang berasal dari parktik manajemen di Jepang, untuk itu Rumkital Dr. Ramelan menyelenggarakan Workshop Pengenalan dan Implementasi Lean Management di Rumah Sakit untuk kendali mutu dan kendali biaya di era JKN bertempat di Ruang Diklat Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Rabu,(30/01/19).

Workshop Lean Management terselenggara atas kerjasama Rumkital Dr. Ramelan dengan RS PELNI Jakarta. Workshop yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini diikuti 110 peserta yang terdiri Para Kadep, Kasubdep, Kabag, Kasupervisi, Kepala Ruang Perawatan, Kepala Klinik Rumkital Dr. Ramelan serta perwakilan dari Rumkital Dr. Mintohardjo Jakarta, Rumkital Dr. Midiyanto Suratini Tanjung Pinang, Rumkital Dr. Oepomo Surabaya, dan Rumkitmar Ewa Panggalila Surabaya.

Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakabin Rumkital Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Tjatur Bagus Gunarto, Sp.JP mengatakan bahwa Lean Management merupakan metode sistematis dan integrative yang di implementasikan secara berkesinambungan untuk meminimalisir dan mencegah adanya pemborosan atau menghilangkan proses proses yang tidak bernilai tambah dengan cara perbaikan yang berkelanjutan (Continous Improvement). Sedangkan “Kaizen” adalah suati filosofi dari Jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan yang terus menerus dan berkesinambungan.

“ Rumah Sakit PELNI yang dikomandoi oleh Dr. dr. Fathema D. Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K) beserta team menjadi pionir dan row model dalam menerapkan prinsip-prinsip lean management dengan semangat kaizen didalamnya, dalam pengelolaan rumah sakit yang modern di Indonesia. Karena itu adalah sangat tepat kalau kita menyerap ilmu dan menimba ilmu pengalaman dari rumah sakit PELNI. “ ditambahkan Karumkit

Diakhir sambutannya Karumkital Dr. Ramelan berharap kepada seluruh peserta Workshop untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin agar mampu mengimplementasikan Ilmu Lean Management dengan semangat Kaizen di Rumkital Dr. Ramelan khususnya dan Rumkital-Rumkital tempat peserta lainnya bertugas.

Dalam Workshop peserta tidak hanya menerima teori, sharing pengalaman tetapi juga diberikan kesempatan mempraktekkan secara langsung lean di rumah sakit dibawah pengawasan dan bimbingan teknis team instruktur RS PELNI. Diantaranya Pengenalan konsep lean dan penyusunan rencana aksi, Implementasi aksi lean di rumah sakit, dan presentasi hasil rencana aksi di rumah sakit dan tindak lanjutnya.