RUMKITAL DR. RAMELAN SELENGGARAKAN WORKSHOP MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan menyelenggarakan Workshop Manajemen Rumah Sakit dengan Tema “ Penyusunan Startegi Kendali Biaya dan Pelayanan Rumah Sakit di Era JKN”. Acara Workshop yang dibuka secara resmi oleh Karumkital dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto,Sp.THT-KL, Sp.KL bertempat di Bright Ballroom Hotel Harris Surabaya. Kamis,(12/03/2020).

Workshop yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, 12-13 Maret 2020. Menghadirkan narasumber diantaranya Kepala KCU BPJS Surabaya dr. Herman Dinata Mihardja, M.AAAK, Konsultan Manajemen dan Keuangan Rumah Sakit Dr.PH dr. Widodo J.P. Raharjo,M.S., M.PH, dan Drs. Ak. Widartoyo, M.M.,M.Si, CPA.

Praktisi Hospital Preneurship Direktur RS-Annisa Tangerang dr. Ediansyah,M.ARS, M.Kes dan Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo,Sp.B, M.Kes serta dr. H. Dodo Anondo Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Daerah Jawa Timur.

Karumkital dr. Ramelan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan di rumah sakit pada era JKN menghadapi tantangan tersendiri, bagaimana manajemen menyusun strategi agar rumah sakit tetap survive.

Tujuan workshop penyusunan strategi kendali biaya dan pelayanan rumah sakit di era JKN agar peserta workshop memiliki kemampuan manajerial rumah sakit, memahami dan mengelola pengendalian biaya rumah sakit serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari narasumber kemudian mengimplementasikannya di fasilitas kesehatan tempat kerjanya masing-masing.

“Kegiatan workshop ini sebagai salah satu bentuk pembinaan Rumkital dr. Ramelan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, khususnya kepada kafaskes TNI AL dalam pengelolaan manajemen rumah sakit agar mampu melakukan efisiensi dan efektifitas pada pelayanan kesehatan yang diberikan.” ditambahkan Karumkital dr. Ramelan.

Workshop ini tidak hanya diikuti Kafaskes TNI Angkatan Laut dari seluruh Indonesia tetapi juga diikuti Kafaskes TNI Angkatan Darat, Kafaskes Polri, Direktur Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta di Wilayah Jawa Timur.