RUMKITAL Dr. RAMELAN SIAPKAN FASILITAS KHUSUS PELAYANAN PASIEN COVID-19

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan Surabaya sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jawa Timur telah menyiapkan beberapa fasilitas khusus untuk melayani pasien COVID-19, diantaranya Ruang IGD, Klinik Rawat Jalan dan Gedung Perawatan Isolasi Pasien COVID serta Laboratorium PCR.

Untuk memastikan kesiapan Rumkital dr. Ramelan sebagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Irjenal Laksamana Muda TNI Suselo, Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi meninjau secara langsung fasilitas pelayanan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan Surabaya. Rabu,(24/06/2020).

Kasal beserta rombongan disambut oleh Karumkital dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL, Sp.KL di Loungeroom VIP Rumkital dr. Ramelan dan mendapatkan penjelasan tentang mekanisme pelaksanaan operasional Rumkital dr. Ramelan menanggani pasien COVID-19 dan Pasien Non COVID-19, Penerapan Protokol Kesehatan, serta mengenai penggolongan zona warna untuk membedakan daerah aman dan tidak.

Dalam kunjungan tersebut Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., berkesempatan meninjau ke beberapa fasilitas Rumkital dr. Ramelan seperti Gedung Klinik Rawat Jalan yang sudah menerapkan teknologi informasi yaitu rekam medik elektronik dan sistem antrian Online Appointment untuk menghindari penumpukan pasien, Gedung IGD dan Klinik Rawat Jalan Khusus COVID dengan tata laksana skrining COVID yang cepat dan akurat untuk memilah pasien COVID dan Non COVID yang membutuhkan pelayanan kesehatan di Rumkital dr. Ramelan.

Pada kesempatan yang sama, orang nomor satu di TNI AL ini berdialog langsung dengan beberapa tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien COVID-19 dengan  memberikan dorongan semangat untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik

“Berikan perhatian yang intens kepada pasien, baik secara terapi pengobatan dan tidak kalah pentingnya hibur, berikan semangat dan dukungan positif kepada mereka agar dapat meningkatkan imunitas yang dapat mempercepat kesembuhan pasien. Tetap jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dirumah, terapkan PHBS, konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga teratur serta tidak lupa untuk terus berdoa” ditekankan Kasal.