RUMKITAL Dr. RAMELAN SUKSES MELAKUKAN PENGGANTIAN KATUP JANTUNG MELALUI MICS

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Ramelan Surabaya yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Wilayah Indonesia Timur, pada hari ini sukses melaksanakan operasi penggantian katup jantung melalui metode operasi Minimally Invasive Cardiac Surgery (MICS) terhadap pasien rujukan dari Yogyakarta dengan diagnosis mitral stenosis dan regurgitas. Senin,(12/11/18).

MICS merupakan teknik termutakhir dengan teknologi terbaru yang dikembangkan di beberapa Negara termasuk Indonesia, Metode MICS telah diterapkan untuk Coronary Artrry Bypass Surgery (CABG) dan Bedah Katup Jantung.

Jika sebelumnya operasi bedah jantung dilakukan dengan sternotomi yaitu melakukan irisan cukup besar pada bagian dada dan membelah tulang dada untuk mendapatkan akses ke jantung. Maka dengan penerapan metode MICS, hanya membutuhkan 5 hingga 7 cm sayatan saja untuk mendapatkan akses ke jantung.

Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra D.I., Sp.B, Sp.BTKV (K) mengatakan bahwa Operasi dengan MICS memiliki banyak keunggulan diantaranya rasa nyeri yang dirasakan pasien pasca operasi sangat ringan, pasien pasca operasi tidak perlu di rawat di ICU dengan waktu yang lama, waktu pemulihan pasca operasi relatif lebih cepat dan resiko kematian menjadi sangat kecil. Di Indonesia, hanya 2 rumah sakit saja yang telah menerapkan teknik dan teknologi ini, diantaranya RS Jantung Harapan Kita Jakarta dan Rumkital Dr. Ramelan Surabaya.

“Operasi bedah jantung dengan MICS yang hari ini dilaksanakan, merupakan kali keempat yang dilakukan di Rumkital Dr. Ramelan. Dengan dilakukan oleh Tim Dokter yang sudah mahir dan dibantu dengan alat canggih yang kita punyai sekarang, operasi bedah jantung dengan mengganti katup tidak perlu membelah dada, cukup dengan sayatan minimal di bawah payudara saja sudah bisa dilakukan penggantian katup jantung.”. Katanya

Tim Dokter yang melaksanakan operasi berjumlah 6 Dokter, yang dipimpin oleh dr. Yan Efrata Sembiring, Sp.BTKV (K) beserta 3 Dokter Spesialis Bedah Thorak Cardio Vaskular, Letkol Laut (K) dr. Damar Bagus Ririh W., Sp.An selaku Dokter Anestesi dan Letkol Laut (K) dr. Nicolas P. Simamora, Sp.An selaku Dokter Perfusionist (pengawak mesin bypass jantung paru).

Pengembangan MICS merupakan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang berstandar Internasional yang dilakukan Rumkital Dr. Ramelan, kedepan pelayanan operasi MICS bisa dilakukan sehari sekali diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien yang berobat ke luar negeri.

“Semua pelayanan operasi bedah jantung dengan metode MICS ini tergolong operasi canggih dengan biaya yang cukup mahal untuk sekali operasinya, namun semua biaya tersebut dapat tercover layanan BPJS Kesehatan” ditambahkan Karumital Dr. Ramelan.