SETIAP TETES DARAH YANG KITA SUMBANGKAN, BENAR-BENAR BERARTI NYAWA BAGI KEHIDUPAN SESEORANG

Donor darah adalah sesuatu yang teramat penting, yang benar- benar berarti “Nyawa” bagi kehidupan seseorang. Setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Demikian sambutan Karumkital dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Ahmad Samsulhadi pada acara Donor Darah yang dilaksanakan di Ruang Diklat Rumkital dr. Ramelan Surabaya. Rabu, (2/10/19).

Kegiatan Donor Darah  tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Ke-74 TNI Angkatan Laut, Peringatan HUT Ke-74 TNI dan Peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut Tahun 2019.  Diikuti Personel Rumkital dr. Ramelan, Lakesla, Diskes Koarmada II, Diskes Lantamal V, Subditkes AAL, Satkes Kodiklatal, Yonkes-2 Mar, Rumkital dr. Oepomo, Rumkitmar Ewa Pangalila, Siswa Sekesal Surabaya, Mahasiswa dan Staf FK-UHT dan STIKES Hang Tuah Surabaya.

Karumkital Dr. Ramelan Dalam Sambutannya mengatakan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu mitra Rumkital Dr. Ramelan yang bergerak di bidang kemanusiaan. PMI memiliki tujuan yang mulia yakni untuk memberikan bantuan dalam bidang kesehatan melalui pengelolaan Unit Tranfusi Darah untuk keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan yang mencakup kegiatan-kegiatan pengerahan, peyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pegolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah ke pada pasien melalui sarana pelayanan kesehatan.

“Dengan membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali, tidak hanya memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesame, namun juga bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri” ditegaskan Karumkit.

Pada kesempatan yang sama, Kolonel Laut (K) dr. M. Samsudin,Sp.M selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan bahwa Kegiatan Donor Darah ini terselenggara atas kerjasama Rumkital dr. Ramelan dengan PMI Surabaya dan Yayasan Harmonis Surabaya. Diharapkan dari kegiatan donor darah ini mampu mengumpulkan 250 kantong darah yang nanti akan di sumbangkan ke PMI Surabaya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan Donor darah ini dapat membawa manfaat bagi semua pihak, dalam membina, mengembangkan dan memberdayakan kapasitas organisasi diseluruh jajaran TNI Angkatan Laut guna meningkatkan kualitas potensi sumber daya manusia” ditambahkan Pamen yang sehari-hari menjabat Kadep Kesla Rumkital dr. Ramelan