TINGKATKAN PELAYANAN DI MASA PANDEMI COVID-19, KASAL RESMIKAN BEBERAPA FASILITAS KESEHATAN DI RSPAL Dr. RAMELAN

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19, Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan membangun beberapa fasilitas kesehatan baru diantaranya Gedung Penanganan Infeksi Terpadu (Pinter), Kamar Jenazah Infeksius, Gapura Gedung Pinter, Gedung Radiologi CT Scan 640 Slice dan Renovasi Unit Rawat Jalan. Fasilitas Kesehatan tersebut diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Jum’at,(08/01/2021).

Acara Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kasal, selanjutnya Kasal dan rombongan meninjau sarana dan prasarana fasilitas kesehatan yang baru diresmikan.

Kasal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Kepala RSPAL dr. Ramelan dan jajarannya atas inisiatif dan inovasinya membangunan beberapa fasilitas kesehatan baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi keluarga besar TNI, TNI AL, PNS TNI AL, Purnawirawan beserta keluarganya serta Masyarakat Umum di masa pandemi Covid-19.

“Gedung Penanganan Infeksi Terpadu beserta fasilitas kesehatan lainnya yang baru saja saya resmikan ini merupakan suatu terobosan baru, diharapkan pelayanan kasus-kasus penyakit infeksi (Covid-19) lebih terpusat dan terintegrasi dengan area zonasi sehingga meminimalkan resiko penyebaran Virus Covid-19 di rumah sakit.” disampaikan Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Sementara itu, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL, Sp.KL mengatakan RSPAL dr. Ramelan merupakan rumah sakit rujukan utama untuk satuan-satuan TNI di Wilayah Indonesia Timur untuk semua kasus kesehatan. RSPAL dr. Ramelan mempersiapkan langkah-langkah strategis untuk menjamin pelayanan kesehatan setelah ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan penangan Covid-19.

"RSPAL dr. Ramelan berinisiatif melaksanakan pemisahan layanan kesehatan (zonasi) secara komprehensif, memastikan pelayanan kesehatan sesuai standar protokol pelayanan terbaru, berinovasi mengembangkan pelayanan berbasis teknologi informasi baik dalam pelayanan kesehatan maupun operasional rumah sakit, serta memastikan semua personel RSPAL dr. Ramelan terproteksi dengan baik dari resiko tertular penyakit infeksius serta menjamin keamanan dan kenyamaan kepada setiap pengunjung RSPAL dr. Ramelan." kata Ka RSPAL dr. Ramelan

Gedung Pinter RSPAL dr. Ramelan merupakan fasilitas kesehatan terpadu satu atap khusus penanganan kasus-kasus infeksi dilengkapi sarana dan prasarana yang meliputi, Instalasi Gawat Darurat, Kamar Bersalin untuk persalinan normal dan sectio, Kamar Operasi, Ruang NICU, Klinik Infeksius yang terdiri dari beberapa Klinik Spesialis. Sedangkan fasilitas penunjang yang ada meliputi Unit X-ray, CT Scan 128 Slice, Laboratorium Biomolekuler PCR, Pelayanan Laboratorium Drive Thru yang melayani pemeriksaan Swab PCR dan Swab Antigen secara Online serta Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dan Rawat Inap.

Hingga saat ini RSPAL Dr Ramelan memiliki  218 TT ruang perawatan isolasi Covid-19 bertekanan negatif dengan hepafilter meliputi ruang perawatan isolasi biasa, HCU Isolasi dengan monitor, tempat tidur khusus untuk pasien jiwa dan ruang intensif perawatan bayi Covid-19. Sedangkan untuk perawatan intensif di ICU Isolasi memiliki kapasitas 23 TT di ruangan bertekanan negatif dengan hepafilter dilengkapi dengan ventilator, HFNC dan peralatan standar ICU lainnya.