TINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA KESEHATAN DALAM MENANGANI KASUS GAWAT DARURAT, RSPAL dr. RAMELAN SELENGGARAKAN PELATIHAN ATCN

Untuk meningkatkan profesionalisme dari tenaga kesehatan dalam menangani kasus gawat darurat, RSPAL dr. Ramelan menyelenggarakan Pelatihan Advanced Trauma Care for Nurse (ATCN). Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakamed Kolonel Laut (K) dr. Benny Jovie, Sp.JP bertempat di Ruang Diklat RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Kamis,(28/07/2022).

Pelatihan Advanced Trauma Care for Nurse (ATCN) terselenggara atas kerja sama RSPAL dr. Ramelan dengan Yayasan Ambulans Gawat Darurat (YAGD) 118. Dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini, diikuti sebanyak 30 perawat yang bertugas di Unit Gawat Darurat, Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan lainnya. Dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan pengembangan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPDGT) yang terkoordinasi antar berbagai sektor dan program terkait dari pra rumah sakit, rumah sakit serta antar rumah sakit, mempercepat respon time kegawatdaruratan untuk menghindari kematian dan kecacatan yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Gigih Imanta J., Sp.PD., FINASIM., M.M. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakamed menyampaikan bahwa kejadian gawat darurat sering terjadi tanpa bisa diprediksi kapan, dimana, pada siapa dan bagaimana kejadiannya sehingga menyebabkan tingginya angka kecacatan dan kematian. Hal tersebut menuntut seorang perawat harus mampu bekerja secara cepat, tepat dan profesional sesuai konsep Advanced Trauma Life Support (ATLS) untuk menaggulangi kegawatdaruratan tersebut.

“Jika perawat sudah memiliki kemampuan dalam penanganan kegawatdaruratan sesuai standar yang diakui internasional, maka pelayanan gawat darurat akan tercapai sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga angka kematian dan kecacatan dapat diturunkan,” ditegaskan Laksma TNI dr. Gigih Imanta.

Diakhir sambutannya, Kepala RSPAL dr. Ramelan memberikan penekanan kepada seluruh peserta Advanced Trauma Care for Nurse (ATCN) agar mengikuti pelatihan tersebut secara sungguh-sungghu agar materi yang diberikan oleh para instruktur dapat diimplementasikan di satuan kerjanya masing-masing sehingga tujuan pelatihan ini dapat tercapai.

Turut hadir dalam acara tersebut Founder Yayasan AGD 118 Prof. Dr. dr. Aryono Djuned Pusponegoro, Sp.B-KBD, Course Director Pelatihan ATCN Ns. Asti Puspita Rini, S.Kep., S.Sos., M.MTr, Para Kadep RSPAL dr. Ramelan serta para Intruktur Pelatihan.