WAKAMED RUMKITAL Dr. RAMELAN BUKA PELATIHAN ACLS

Kasus kematian dikarenakan henti maupun gagal jantung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dalam menurunkan tingkat kematian yang disebabkan penanganan kasus kegawatdaruratan jantung tersebut Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Diskesal) menyelenggarakan Pelatihan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) untuk Perwira Kesehatan khususnya Dokter. Pelatihan yang dibuka secara langsung oleh Wakamed Rumkital dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. F.O. Hari Prasetyadi,Sp.OG (K) bertempat Ruang Diklat Rumkital dr. Ramelan. Jum’at, (29/11/19).

Pelatihan yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari, terselenggara atas kerjasama Diseksal dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (PERKI) diikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari 1 orang Pamen, 20 orang Pama, yang bertugas di fasilitas kesehatan TNI Angkatan seluruh Indonesia dan 4 Tenaga Medis Rumkital dr. Ramelan.

Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra D.I., Sp.B, Sp.BTKV (K) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakamed Kolonel Laut (K) dr. F.O. Hari Prasetyadi,Sp.OG (K) menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perwira kesehatan TNI Angkatan Laut dalam penanganan kegawatdaruratan jantung.

TNI Angkatan Laut sebagai salah satu sub populasi dari penduduk Indonesia tentu tidak terlepas dari permasalahan yang ada. Kasus kematian dikarenakan serangan jantung di lingkungan TNI Angkatan Laut dari tahun ke tahun juga meningkat. Peningkatan kasus tersebut bila tidak ditangani secara komprehensif sudah pasti akan berpengaruh terhadap kesiapan TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas.

Tenaga-tenaga kesehatan yang terlatih adapat memberikan kontribusi dalam mengurangi kemungkinan terjadinya henti jantung, renjatan (syok), maupun gagal jantung akut. Kepada seluruh peserta gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang diberikan para Instruktur, agar Ilmu yang didapatkan bisa di implementasikan di satuan kerja masing-masing”. Ditambahkan Wakamed.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadep Bangdiklat Kolonel Laut (K) drg. Benny Dwi Cahyo,Sp.BM, Para Kadep Rumkital Dr. Ramelan, Kasubdep Diklat Mayor Laut (K) Muktadir, S.KM, M.H., Kasubdep Litbang Letkol Laut (K) M. Anang Solichudin,S.KM, M.M., Para Kafaskes TNI Angkatan Laut Wilayah Surabaya.